Text
Peningkatan hasil belajar smash bolavoli melalui pembelajaran berbasis media : studi penelitian tindakan pada siswa SMPN 12 Pontianak
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH BOLAVOLI
MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA
(Studi Penelitian Tindakan Pada Siswa SMPN 12 Pontianak)
ARISMAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran smash bolavoli melalui pembelajaran berbasis media. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan desain kemmis dan taggart.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIV SMPN 12 Pontianak yang
berjumlah 38 orang.
Penelitian pada siklus 1 dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan, dimulai dari
tes awal untuk mengukur kemampuan siswa sebelum diberikan tindakan. Setelah
tindakan pembelajaran dilaksanakan, peneliti memberikan tes akhir pada siswa dan
hasilnya adalah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dengan presentase
ketuntasan 42.11 %, jika dibandingkan dengan kriteria keberhasilan tindakan yang
telah ditentukan yaitu 80% maka pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus 1 ini
belum bisa dikatakan berhasil. Penelitian pun dilanjutkan ke siklus 2 dengan sedikit
perubahan dan penambahan pada tiap tindakan pembelajaran sebelumnya dan
pada siklus 2 ini akan dilaksanakan sebanyak 6 pertemuan. Tes akhir pada siklus 2
menunjukkan peningkatan yang sangat baik yaitu sebanyak 32 siswa memperoleh
nilai tuntas dengan presentase sebesar 84.21%. Dengan kata lain penelitian ini pun
tidak perlu lagi dilanjutkan karena sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan
sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) melalui
pembelajaran berbasis media dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran smash bolavoli, 2) penerapan pembelajaran berbasis media
memberikan siswa kemudahan dan dapat memotivasi siswa dalam melaksanakan
pembelajaran.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Smash Bolavoli, Pembelajaran Berbasis
Media
Bibliografi : lembar 136-138
TM00001775 | TM 1775 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain