Text
Penerapan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar roll belakang : studi action research pada siswa kelas Vb SD Negeri Wonoyoso Kec.Pringapus Kab.Semarang
PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR ROLL BELAKANG
INDRIANTO ARIF RAMADHANA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar roll belakang. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan penerapan metode bermain yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas Vb SD Negeri Wonoyoso berjumlah 38 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 20 siswa atau 52,63% dengan nilai rata-rata 74,32. Pada siklus dua mencapai 32 siswa atau 84,21 % dengan nilai rata-rata 82,74. Selain itu, dengan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran roll belakang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran roll belakang pada siswa kelas Vb SD Negeri Wonoyoso. Kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan metode bermain ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Kata Kunci : Penigkatan Hasil Belajar Roll belakang, Penerapan metode Bermain.
Bibliografi : lembar 128-130
TM00001773 | TM 1773 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain