Text
Peningkatan hasil belajar dribble bola basket melalui permainan modifikasi : penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 1 Palembang
YOGI MARHEN1
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Dribble melalui permainan modifikasi. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah yang dialami dan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar Dribble melalui permainan modifikasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action reseach). Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII.6 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palembang, sampel penelitian ini berjumlah 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dan data hasil belajar peserta didik yang dilakukan melalui tes hasil belajar.
Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Dribble pada siklus kedua sebesar 85% atau 23 siswa. Siklus pertama dalam pembelajaran Dribble meningkat 68% atau 18 siswa dari 15 siswa di data awal. Jadi peningkatan dari data awal 56% setelah dilakukan tindakan meningkat 85%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Permainan Modifikasi dapat meningkatkan keterampilan Dribble bola basket pada murid SMPN 1 Palembang.
Kata kunci: penelitian tindakan, permainan modifikasi, hasil belajar Dribble basket.
1
Bibliografi : lembar 122-126
TM00001777 | TM 1777 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain