Text
Pengaruh usia siswa dan panjang tes terhadap banyaknya butir false positive pada pendeteksian DIF : suatu eksperimen perangkat tes berpikir kritis cornell critical thinking test level X di kabupaten Tasikmalaya tahun 2016
PENGARUH USIA SISWA DAN PANJANG TES TERHADAP BANYAKNYA
BUTIR FALSE POSITIVE PADA PENDETEKSIAN DIF
(Suatu eksperimen Perangkat Tes Berpikir Kritis Cornell Critical Thinking Test
Level X di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2016)
EVI AVIFATU TSANIYAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh usia siswa dan
panjang tes terhadap banyaknya butir false positive pada pendeteksian DIF
menggunakan instrumen berpikir kritis Cornell Critical Thinking Test Level X.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain 1x3,
sementara metode pendeteksian DIF yang digunakan adalah metode Regresi
Logistik dan metode Mantel-Haenszel. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah populasi peserta tes dan populasi butir. Sampel yang
digunakan adalah sekor jawaban siswa terhadap butir CCTT level X di
wilayah kabupaten Tasikmalaya. Teknik stratified random sampling
digunakan dalam penelitian ini karena responden yang digunakan adalah
siswa dengan rentang usia 10-18 tahun. Hipotesis penelitian diuji dengan
menggunakan uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa butir CCTT level X melakukan fungsi sedikit berbeda untuk usia yang
berbeda. Terbukti dengan banyaknya butir yang terindikasi DIF. Hasil
penelitian juga menyimpulkan bahwa: (1) Adanya perbedaan rerata
banyaknya butir false positive pada pendeteksian DIF antara panjang tes 35
dengan panjang tes 50 pada usia 10-12 tahun, 13-15 tahun dan 16-18 tahun,
(2) Adanya perbedaan rerata banyaknya butir false positive pada
pendeteksian DIF antara panjang tes 20 dengan panjang tes 35 pada usia
16-18 tahun, dan (3) Tidak ada perbedaan rerata banyaknya butir false
positive pada pendeteksian DIF antara panjang tes 20 dengan panjang tes 35
pada usia 10-12 tahun dan 13-15 tahun.
Kata Kunci: Differential Item Functioning, Berpikir Kritis, False Positive, Usia,
Panjang Tes
Bibliografi : lembar 143-148
TM00001785 | TM 1785 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain