Text
Pengaruh teknik penilaian berbasis kelas (classroom assessment techniques = CATs) dan konsep diri terhadap hasil belajar biologi : eksperimen pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diberi teknik penilaian berbasis kelas minute paper dengan siswa yang diberi teknik penilaian berbasis kelas muddiest point, (2) Interaksi antara Teknik Penilaian Berbasis Kelas dengan Konsep Diri akademik terhadap hasil belajar biologi, (3) perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diberi teknik penilaian berbasis kelas minute paper dengan siswa yang diberi teknik penilaian berbasis kelas muddiest point pada kelompok siswa yang mempunyai konsep diri akademik tinggi, (4) perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diberi teknik penilaian berbasis kelas minute paper dengan siswa yang diberi teknik penilaian berbasis kelas muddiest point pada kelompok siswa yang mempunyai konsep diri akademik rendah. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cilamaya Kabupaten Karawang. Sampel penelitian ini adalah 80 siswa kelas XI program IPA pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Sedangkan desain penelitian menggunakan desain treatment by level 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur sikap pengambilan risiko siswa dan hasil belajar biologi siswa. Hipotesis
iii
penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian berimplikasi positif pada upaya peningkatan system evaluasi pembelajaran di Sekolah Menengah Atas serta peningkatan hasil belajar biologi siswa.
Kata Kunci : CATs, minute paper, muddiest point, konsep diri akademik
Bibliografi : lembar 134-136
TM00001787 | TM 1787 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain