Text
Peningkatan disiplin melalui kegiatan bermain peran makro : penelitian tindakan di TK B Trinity Kelapa Gading Utara 2016
PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI KEGIATAN
BERMAIN PERAN MAKRO (Penelitian Tindakan di TK B TRINITY
Kelapa Gading Jakarta Utara 2016)
UMI LUSIANI DJAJAPRANATA
Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan disiplin melalui
kegiatan bermain peran makro. Penelitian ini memfokuskan pada tiga
indikator bermasalah di TK TRINITY yaitu indikator mengikuti perintah yg
diberikan, menunjukkan sikap tertib dan menghargai orang lain. Sumber
data adalah anak-anak kelompok B TK TRINITY Kelapa Gading tahun
ajaran 2015-2016. Metodologi penelitian menggunakan penelitian
tindakan dari Kemmis dan Taggart, dengan pendekatan analisis kuantitatif
dan kualitatif. Pada akhir tindakan siklus 2, analisa kuantitatif
menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada TCP anak, dari
26,7 (kategori Mulai Berkembang) menjadi 45,4 (kategori Berkembang
Sesuai Harapan). Dan semua anak telah mencapai TCP minimal (75%)
sebagaimana kesepakatan peneliti dan kolaborator. Bahkan sepuluh
anak melampaui TCP minimal. Analisa kualitatif menggunakan model dari
Miles dan Huberman terdiri dari data reduksi, display data dan verifikasi
data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran
terbukti meningkatkan disiplin anak.
Kata Kunci: kegiatan bermain peran, disiplin, penelitian tindakan
Bibliografi : lembar 156-158
TM00001797 | TM 1797 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain