Text
Peningkatan kecerdasan visual spasial melalui bermain manipulatif : penelitian tindakan pada anak kelompok A TK Aisyiah Bustanul Athfal Bengkulu tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan bermain manipulatif dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Bengkulu. Subjek penelitian berjumlah 14 orang anak. Metode penelitian adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari delapan tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan visual spasial anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bengkulu, mengalami peningkatan setelah mereka mengikuti bermain manipulatif. Skor kecerdasan visual spasial anak tercatat 34,07 pada tahap pra siklus, meningkat menjadi 45,71 pada akhir siklus ke-1, dan terus meningkat menjadi 57,5 pada akhir siklus ke-2. Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa bermain manipulatif dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini.
Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial, Bermain Manipulatif
Bibliografi : lembar 290-293
TM00001796 | TM 1796 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.00) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain