Text
Iklan konsumsi dalam sudut pandang hiperrealitas : studi kasus 8 perempuan urban
ABSTRAK
Erlina Choirunnisa, Iklan dan Konsumsi Dalam Sudut Pandang Hiperrealitas (Studi Kasus: 8 Perempuan Urban), Skripsi, Jakarta, Program Studi Sosiologi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan iklan dan konsumsi dalam sudut pandang Hiperrealitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti melakukan penelitian terhadap kaum perempuan urban pengguna produk perawatan kulit seperti Pond’s, Garnier, dan produk-produk perawatan kulit Ilegal. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei hingga September 2015, lokasi penelitian dilakukan di daerah Kampung ambon. Analisis data yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap 8 informan utama diantaranya adalah kaum perempuan urban yang menggunakan produk perawatan kulit berumur 20 hingga 30 tahun, 1 informan pendukung adalah salah seorang yang menjual produk perawatan kulit, triangulasi data oleh Dr. Adiana Murniati, Spkk.
Hasil penelitian menyatakan adanya bentuk hiperrealitas iklan ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat tanpa memperhatikan realitas yang sebenarnya. Hasrat membeli dan mengonsumsi produk perawatan kulit secara berlebihan kemudian dapat dibaca sebagai suatu gejala kebiasaan baru, membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan adanya bentuk hiperrealitas dalam iklan perawatan kulit.
Kata Kunci: Iklan, Hiperrealitas, Simulasi, Simulakra, Perempuan, Konsumsi
Bibliografi : lembar 91-93
SS00009880 | SK 9880 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain