Text
Peran orang tua tunggal dalam menerapkan pendidikan informal
ABSTRAK
Cantyani, Peran Orang Tua Tunggal dalam Menerapkan Pendidikan Informal. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua tunggal dalam menerapkan pendidikan informal kepada anak di tiga keluarga dengan ayah sebagai orang tua tunggal dan mengasuh anak dan mengetahui apa faktor pendukung, faktor penghambat, dan tantangan yang dihadapi oleh ketiga orang tua tunggal dalam menerapkan pendidikan informal kepada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang digunakan untuk mengangkat fenomena keluarga dengan orang tua tunggal dan bagaimana cara orang tua tunggal dalam menerapkan sebuah pendidikan informal. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang, 3 (tiga) orang tua tunggal laki – laki dan 3 (tiga) orang tua tunggal perempuan. Informan kunci dalam penelitian ini yakni berjumlah 3 (tiga) orang tua tunggal laki – laki yang mengasuh anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan triangulasi data dengan membandingkan data temuan lapangan dengan anak dari orang tua tunggal dan seorang Psikolog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dalam menerapkan pendidikan informal yang dilakukan oleh orang tua tunggal tidaklah jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang tua utuh. Pendidikan informal yang dilakukan oleh ketiga orang tua tunggal meliputi pendidikan informal pembentukan sikap seperti sikap saling tolong – menolong, pembentukan prestasi di bidang akademik dan pembentukan kemandirian seperti anak dapat menyiapkan kebutuhan dirinya sendiri. Perbedaan terlihat pada pembentukan kemandirian lebih diutamakan oleh orang tua tunggal yang memiliki waktu terbatass untuk selalu bersama anaknya. Selain itu, perbedaan terlihat dalam bagaimana cara ayah sebagai orang tua tunggal menerapkan pendidikan informal kepada anak. Ayah sebagai orang tua tunggal yang sebelumnya fokus mencari nafkah dan dapat berbagi peran dengan pasangannya kini harus terbiasa menjalani peran yang biasa dilakukan oleh seorang ibu yakni mendidik dan membesarkan anak. Selama menerapkan pendidikan informal terdapat faktor pendukung bagi orang tua tunggal. Terdapat juga faktor penghambat pendidikan informal tidak lain merupakan kesempatan bagi orang tua tunggal mencari cara yang terbaik untuk tetap melaksanakan pendidikan informal dengan lebih baik lagi kepada anak – anaknya. Tantangan juga dihadapi seorang ayah sebagai orang tua tunggal karena harus bisa memberikan kasih sayang kepada anak, bagaimana anak dapat merasakan kasih sayang dari seorang ibu dan kasih sayang dari seorang ayah, yang hanya diberikan oleh seorang ayah. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Orang Tua Tunggal, Pendidikan Informal
Bibliografi : lembar 110-113
SS00009878 | SK 9878 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain