Text
Pengembangan rancangan personalisasi antarmuka elemen jadwal dan materi pada Web pembelajaran berbasis one page design
PENGEMBANGAN RANCANGAN PERSONALISASI ANTARMUKA ELEMEN JADWAL DAN MATERI PADA WEB PEMBELAJARAN BERBASIS ONE PAGE DESIGN MUHAMMAD ELMODIO MALDINI
ABSTRAK
Pendidikan dan teknologi saat ini adalah hal yang sangat berkaitan. Dengan menggunakan teknologi dalam dunia pendidikan dapat membantu proses pembelajaran. Web pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat membantu proses pembelajaran. Sesuai perkembangan web saat ini, web berbasis one page design menjadi salah satu konsep web modern yang banyak digunakan saat ini. Pengembangan web pembelajaran ini dengan menggunakan konsep one page design. Dalam mengembangkan web pembelajaran terdapat elemen-elemen pembelajaran yang memiliki informasi yang berbeda-beda. Elemen-elemen web pembelajaran meliputi jadwal, materi, soal pilihan ganda, video dan audio. Jadwal dan materi menjadi elemen-elemen yang akan dikembangkan pada penelitian ini. Tampilan yang kurang menarik mayoritas web pembelajaran saat ini membuat pengembangan visualisasi web pembelajaran dinilai diperlukan untuk memperindah tampilan. Bervariasinya kebutuhan dosen atau guru dalam mempersiapkan pembelajaran menjadi dasar dalam mengembangkan visualisasi elemen-elemen jadwal dan materi pada web pembelajaran. Variasi visualisasi dikembangkan dengan menggunakan 3 aspek visualisasi yaitu tulisan, warna dan tata letak. Dengan dikembangkannya beberapa variasi tampilan dosen atau guru dapat memilih bentuk tampilan sesuai dengan kebutuhan. Pengembangan visualisasi elemen-elemen jadwal dan materi pada web pembelajaran berbasis one page design dilakukan dengan membuat beberapa variasi bentuk tampilan. Pengembangan web pembelajaran ini menghasilkan 5 macam pilihan bentuk tampilan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sesuai dengan pengujian kelayakan oleh dua orang ahli media, dengan rata-rata kelayakan web pembelajaran pada tampilan laptop sebesar 90,43% dan pada tampilan smartphone sebesar 90,86% skor tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik dan web pembelajaran ini sudah layak untuk digunakan. Kata Kunci : Web Pembelajaran, Personalisasi, Elemen Pembelajaran, One Page Design.
Bibliografi : lembar 60-62
SS00009866 | SK 9866 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain