Text
Perbandingan model pembelajaran aktif inovatif, kreatif efektif, menyenangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar simulasi digital pada siswa kelas X SMK Negeri 34 Jakarta
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF,
KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN DENGAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI
DIGITAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 34 DI JAKARTA
MEYVI LUSANDI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Aktif,
Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) dengan pembelajaran
Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Simulasi Digital Kelas X Multimedia dan Kelas X Listrik Di
SMKN 34 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMKN 34 Jakarta, dilaksanakan pada
bulan April - Juni 2016. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen,
diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan perlakuan berbeda. Pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk kelas eksperimen
diterapkan di kelas X Multimedia menggunakan model pembelajaran PAIKEM dan
kelas kontrol diterapkan di kelas X Listrik menggunakan model pembelajaran
Kooperatif tipe TAI. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Untuk
mendapatkan data penelitian ini dilaksanakan tes awal dan tes akhir untuk
mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Hasil penelitian
didapatkan siswa yang diterapkan model pembelajaran PAIKEM mendapatkan
nilai rata-rata 83,26, sedangkan siswa yang diterapkan model pembelajaran
Kooperatif tipe TAI mendapatkan nilai rata-rata 79,04. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar simulasi digital menggunakan model
pembelajaran PAIKEM lebih tinggi dari pada model pembelajaran Kooperatif tipe
TAI.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Aktif, Inovatif. Kreatif, Efektif, Menyenangkan,
Model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization, Hasil Belajar.
Bibliografi : lembar 64-65
SS00009867 | SK 9867 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain