Text
Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Bogor
ABSTRAK
EVA RIANI, Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 9 Bogor. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung lingkungan sekolah, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Bogor, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal menggunakan data primer (variabel eksogen dan variabel endogen). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang memenuhi kriteria berjumlah 100 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Path (analisis jalur). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh langsung antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai thitung> ttabel yakni 2,946> 1,984 dengan angka signifikansi 0,004, sehingga lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data untuk variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa menunjukan bahwa nilai thitung> ttabel yakni 2,964> 1,984 dengan angka signifikansi 0,004, sehingga motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data variabel lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar menunjukan nilai thitung> ttabel, yakni 3,986> 1,984 dengan angka signifikansi 0,000, sehingga lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun nilai Rsquare sebesar 0,223, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan nilai R yaitu sebesar 0,472 berarti nilai R termasuk kategori cukup kuat, (0,40 – 0,59), maka keeratan hubungan lingkungan sekolah, motivasi belajar dan hasil belajar tergolong cukup kuat.
Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 95-96
SS00009447 | SK 9447 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain