Text
Pengaruh kepribadian dan stres terhadap komitmen organisasi guru SMK Swasta di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan
ABSTRAC
Komitmen organisasi merupakan hal yang penting karena tingginya komitmen anggota terhadap organisasi akan mendorong anggota untuk bersama-sama mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun isu-isu berhubungan dengan komitmen organisasi yang menjelaskan bahwa masih rendahnya komitmen organisasi guru, khususnya bagi guru-guru swasta dari tingginya tingkat turnover guru swasta akan menimbulkan dampak negatif bagi organisasi, seperti menciptakan ketidakstabilan terhadap kondisi tenaga kerja dan peningkatan biaya sumber daya manusia. Komitmen organisasi guru diprngaruhi oleh kepribadian dan . Hal ini didukung oleh pendapat dari Colquitt, Lepinne dan Wesson, mengungkapkan “conscientiousness has a moderate positive effect on commitment. Conscientiousness employees have higher levels of affective commitment and higher levels of normative commitment. Conscientiousness has no effect on continuan commitment”. Kesungguhan pada kepribadian seseorang berpengaruh positif terhadap komitmen afektif dan komitmen normative. Lebih lanjut. Kreitner dan Kinicki, Robert T. Golembiewski mengutip pendapat Leiter, “the effects of organizational stressors in the form of work overload and interpersonal conflict on commitment were mediated mainly through emotional exhaustion”. Dari pendapat ini dapat disimpulkan bahwa penegangan (straign) karena stres yang dialami oleh seorang dalam menghadapi stressor organisasi mempunyai pengaruh langsung terhadap komitmen organisasi karena kelelahan emosinya. Penelitian menggunakan metode penelitian survey. Sampel penelitian sebanyak 210 orang yang ditetapkan secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner komitmen organisasi dari 32 butir pernyataan, terdapat 26 butir valid dan koefisien reliabilitasnya adalah 0,907. Kuesioner Kepribadian dari 32 butir pernyataan, terdapat 25 butir valid dan
Bibliografi : lembar 113-114
TM00004861 | TM 4861 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain