Text
Peningkatan perilaku empati dalam proses metode project-based learning : action research pada anak kelompok A TK Eka Puri Mandiri Manahan kecamatan Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berempati melalui penggunaan metode project-based learning pada anak kelompok A di TK Eka Puri Mandiri Manahan Banjarsari Surakarta Tahun. Jumlah anak dalam penelitian ini beijumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Me. Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dan atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari lima indikator yaitu memiliki rasa kepekaan emosi non verbal terhadap orang lain, indikartor mampu mengontrol diri untuk kepentingan bersama, indikator memiliki rasa kepekaan terhadap emosi verbal, indikator mampu merasakan belas kasihan, indikator membayangan kondisi orang lain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi catatan lapangan, dan instrumen pemantau tindakan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan klasifikasi benda melalui penggunaan metode Project-based Learning pada anak kelompok A di TK Eka Puri Mandiri Manahan Banjarsari Surakarta, hal ini dibuktikan adanya kenaikan rata-rata TCP pada pra siklus sebesar 30,07 dari TCPMax kemudian adanya kenaikan rata-rata TCP pada siklus I sebesar 47,00 dari TCPMax dan adanya kenaikan rata-rata TCP pada siklus II sebesar 58,93 dari TCPMax.
Kata Kunci: perilaku empati, metode project-based learning, penilitian tindakan
Bibliografi : lembar 241-246
TM00001792 | TM 1792 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain