Text
Pengembangan handout berbasis android materi fisika SMA (hantam fisika) sebagai bahan ajar mandiri
ABSTRAK
Aisyah Nurul Hanifah. Pengembangan Handout Berbasis Android Materi Fisika SMA (HANTAM FISIKA) sebagai Bahan Ajar Mandiri. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis android materi fisika SMA agar layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri. Sebagai bahan ajar, aplikasi handout berbasis android berisikan materi pelajaran fisika SMA kelas X sampai dengan XII yang sesuai dengan analisis kurikulum. Penelitian dilakukan dengan Model Pengembangan Instruksional (MPI) oleh Atwi Suparman dengan model pendekatan Research and Development yang terdiri atas 9 tahapan. Uji kelayakan produk dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk, didapat persentase ahli materi 82,40% dengan interpretasi sangat baik dan ahli media 81,82% dengan interpretasi sangat baik. Uji coba produk dilakukan kepada 30 orang peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba produk, didapat persentase komponen kelayakan isi 84,89%, penyajian 82,71%, bahasa 81,78%, dan grafika 84,13%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, pengembangan handout berbasis android materisi fiska SMA dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri.
Kata Kunci: android, bahan ajar mandiri, handout
Bibliografi : lembar 45-46
SS00009906 | SK 9906 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain