Text
Pengembangan video pembelajaran mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk siswa SMPN 8 Depok
ABSTRAK
Gusti ngurah ariska putra, Pengembangan Media Video Pengembangan Video Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Untuk Siswa SMPN 8 Depok. Skripsi, Jakarta: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang menyeluruh dan detail mengenai proses pengembangan media video pembelajaran untuk mempelajari teknik dasar bermain gitar. penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran baru bagi para pemula pembelajaran gitar.
pengembangan mengacu pada model pengembangan produk Baker and Schutz. secara umum model pengembangan ini terdiri atas tujuh langkah umum yakni: Formulasi produk, spesifikasi pembelajaran, Item Tryout, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk, analisis operasi. model ini digunakan oleh peneliti karena model ini sesuai untuk mengembangkan produk pembelajaran, selain itu tingkat kemudahan dalam mengimplementasianya dan kelengkapan aturan-aturan dalam mengembangkan suatu produk.
Evaluasi video pembelajaran ini meliputi tiga aspek, materi, media serta pembelajaran yang kemudian diujicobakan kepada satu orang ahli media, satu orang ahli materi dan satu orang ahli pembelajaran, serta tiga orang siswa pada one-to-one evaluation, sepuluh orang siswa pada small group, serta lima belas siswa pada tahap field test. penilaian menggunakan skala nilai 1-4 dan skala guttman untuk pertanyaan tegas. dari hasil uji coba tersebut rata-rata keseluruhan expert review adalah 3,5. dan rata-rata presentase keseluruhan dari evaluasi one-to-one (90%) siswa tertarik dengan media video tersebut, pada tahap small group diperoleh nilai rata-rata presentase keseluruhan (70%) siswa tertarik dengan media video tersebut. serta pada tahap field test didapat hasil 92,6. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan teknik dasar bermain gitar yang telah dikembangkan dapat dikategorikan baik.
Implikasi penelitian ini bagi pemula pembelajaran gitar SMPN 8 Depok adalah sebagai sumber belajar mandiri dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan pembelajaran seni musik gitar menjadi lebih efektif dan efisien. selain itu, pengembang media lain juga dapat menggunakan media video pembelajaran ini sebagai motivasi maupun sebagai referensi dalam membuat karya yang lebih baik dan berkualitas.
Bibliografi : lembar 114-116
SS00009912 | SK 9912 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain