Text
Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA kelas V SD di Kelurahan Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH BARAT JAKARTA PUSAT
(2016)
NOVI SULIS SETIYANINGSIH
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ipa kelas V SD di Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal dan lembar pengamatan, yaitu post test only control group design. Validasi yang digunakan adalah Pearson Product Moment yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan nilai r = 0,879 yang berarti sangat tinggi. Hasil perhitungan skor instrumen kedua kelas dihitung dengan uji normalitas data menggunakan uji lilliefors menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua kelas bersifat homogen. Teknik analisis data menggunakan Uji-t (t-student). Berdasarkan hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 74. Hasil uji-t menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (db) thitung 3,14 > ttabel 1,67 ini berarti hipotesis uji-t adalah H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Model Problem Based Learning
Bibliografi : lembar 101-104
SS00009918 | SK 9918 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain