Text
Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik pembentukan terhadap peningkatan rasa ingin tahu dalam belajar pada peserta didik : studi kuasi eksperimen terhadap peserta didik kelas VII SMPN 139 Jakarta
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK
PEMBENTUKAN TERHADAP PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DALAM
BELAJAR PADA PESERTA DIDIK
(Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta didik Kelas VII SMPN 139
Jakarta)
(2016)
ARIS WICAKSONO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembentukan
dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa ingin tahu dalam
belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 139 Jakarta
pada bulan Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen
dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian
menggunakan sampel sebanyak 12 orang siswa dan penggunaan teknik
pembentukan dalam bentuk kelompok. Pengukuran pada penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan berdasarkan
teori rasa ingin tahu dalam belajar sebanyak 49 item pernyataan yang valid
dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.945 yang berarti bahwa
instrumen tersebut layak dan dapat dipergunakan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Mann Whitney
U-Test diperoleh hasil nilai asymp. Sig = 0.005. Hipotesis penelitian diuji
pada taraf signifikansi α = 0.05 atau dengan tingkat kesalahan sebesar 5%,
maka nilai Asymp. Sig = 0.005 < nilai signifikansi α = 0.05. Dapat
disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut memiliki arti
bahwa terjadi peningkatan pada rasa ingin tahu dalam belajar responden
kelompok eksperimen setelah diterapkan teknik pembentukan. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan, teknik pembentukan dalam layanan
bimbingan kelompok dapat membantu peserta didik untuk memahami dan
meningkatkan rasa ingin tahu dalam belajar.
Kata Kunci: teknik pembentukan, rasa ingin tahu, belajar, siswa
Bibliografi : lembar 121-123
SS00009920 | SK 9920 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain