Text
Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flanelgraf pada peserta didik tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri 2 Jakarta
MENINGKATKANKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLANELGRAF PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SLB NEGERI 2 JAKARTA
(2016)
Febrina Budi Ramadhanti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flanelgraf pada peserta didik tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri 2 Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Maret 2015 sampai dengan Mei 2015. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah lima peserta didik. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan dalam pengenalan huruf konsonan, membaca suku kata dan kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan dengan pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 6 pertemuan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini mengalami peningkatan, yang terlihat adanya peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I , dan siklus II serta pada proses pembelajaran peserta didik terlihat aktif dan cukup antusias menggunakan media flanelgraf. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri 2 Jakarta.
Kata Kunci: Media Flanelgraf, Membaca Permulaan, Tunagrahita Sedang
Bibliografi : lembar 122-124
SS00009913 | SK 9913 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain