Text
Pengaruh metode Pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi : studi eksperimen siswa kelas XI IIs SMAN 53 Jakarta materi dinamika dan masalah kependudukan
ABSTRAK
Zaitun Mukaromah. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap
Hasil Belajar Geografi (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI IIS SMAN 53 Jakarta,
Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan). Skripsi Program Studi Pendidikan
Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban empiris apakah terdapat
pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil
belajar geografi pada siswa kelas XI IIS SMAN 53 Jakarta. Penelitian ini
dilaksanakan di SMAN 53 Jakarta pada bulan September 2015 – April 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
desain penelitian one-group pre-test post-test design yang merupakan bagian dari
pre-experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
IIS SMAN 53 Jakarta sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 144 dan
dengan sampel sebanyak 29 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan
sampel adalah dengan menggunakan convenience sampling, dan satu kelas digunakan
sebagai kelas eksperimen untuk diteliti dengan digunakannya metode pembelajaran
berbasis masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebanyak
32 soal. Bentuk tes adalah tes pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban dan tes
dilakukan dua kali yaitu pertama saat pre-test dan kedua saat post-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari metode pembelajaran
berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi pada kelas penelitian dengan materi
dinamika dan masalah kependudukan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-tes
beda dua mean data berpasangan. Diperoleh t hitung senilai 5,371 dengan taraf
kepercayaan 95% dengan dk = N-1, dk = 28 didapat t tabel senilai 1,701, maka thitung
= 5,3711 > ttabel = 1,701 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan keberhasilan
siswa dalam menjawab soal dengan benar, kelas eksperimen mengalami pengaruh
yang paling signifikan pada soal berdimensi pengetahuan konseptual dan soal
berkategori mengaplikasikan (C3).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari metode
pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi kelas XI IIS SMAN 53
Jakarta pada materi dinamika dan masalah kependudukan. Metode ini dapat
digunakan untuk pembelajaran dengan sifat bahasan materi berdimensi faktual dan
berkategori mengaplikasikan.
Kata Kunci : Hasil belajar, Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Dinamika
dan Masalah Kependudukan
Bibliografi : lembar 69
SS00009930 | SK 9930 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain