Text
Pengaruh penggunaan storyline dalam pembelajaran berbasis konteks terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia terintegrasi lingkungan hidup
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Storyline terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia Terintegrasi Lingkungan Hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Postest Only Control Group Desain. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dengan metode Storyline sedangkan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan metode yaitu Diskusi. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen pendukung berupa lembar observasi. Berdasarkan uji t didapatkan thitung sebesar 4,07 dan nilai ttabel sebesar 1,673 dengan dk = 70. Nilai thitung lebih besar dibanding nilai ttabel (thitung> ttabel )sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Penelitian ini hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif metode Storyline pada pembelajaran berbasis konteks terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia terintegrasi lingkungan hidup.
Kata kunci:Storyline, hasil belajar, hukum dasar kimia, Pendidikan Lingkungan Hidup
Bibliografi : lembar 66-67
SS00009940 | SK 9940 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain