Text
Hubungan antara locus of control dengan prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 38 Jakarta pada materi protista
ABSTRAK
RESTU WIDYASTUTI. Hubungan antara Locus of Control dengan
Prokrastinasi Akademik Siswa SMAN 38 Jakarta Pada Materi Protista.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Dalam proses pembelajaran terdapat perilaku belajar siswa yang umum
dilakukan yaitu prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik
merupakan perilaku menunda-nunda yang secara sengaja dalam
mengerjakan dan menyelesaikan tugas. Siswa melakukan prokrastinasi
akademik pada materi yang memiliki tugas menulis. Materi Protista
memiliki cukup banyak tugas dengan jenis tugas menulis. Prokrastinasi
akademik yang dilakukan siswa tidak lepas dari kontrol yang ada pada diri
siswa, yaitu locus of control. Locus of control merupakan keyakinan
individu mengenai sumber penentu perilaku yang berasal dari diri sendiri
(internal) atau faktor luar (external). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara locus of control dengan prokrastinasi
akademik siswa SMAN 38 Jakarta pada materi Protista. Penelitian
dilaksanakan di SMAN 38 Jakarta pada bulan Desember 2015 – Januari
2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan studi
korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple
Random Sampling sebanyak 84 siswa kelas X di SMAN 38 Jakarta. Uji
prasyarat menunjukkan data untuk locus of control berdistribusi tidak
normal, sedangkan data untuk prokrastinasi akademik berdistribusi normal
dan homogen. Model regresi yang didapat adalah Ŷ = 75,305 – 0,292X.
Koefisien korelasi yang diperoleh adalah -0,262 yang berarti terdapat
hubungan negatif antara locus of control dengan prokrastinasi akademik
siswa SMAN 38 Jakarta pada materi Protista.
Kata kunci: locus of control, prokrastinasi akademik
Bibliografi : lembar 53-54
SS00009933 | SK 9933 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain