Text
Pengaruh diskusi online terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi koloid
ABSTRAK
Yorits Mexdianto. Pengaruh Diskusi Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Koloid. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan media diskusi online via moodle cloud terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi koloid di SMA Negeri 54 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 dan MIA 4 yang masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Purpossive Sample. Penelitian ini dilakukan dengan metode Quasi-Eksperimental. Sebelum dilakukan pembelajaran, siswa diberikan pre tes terlebih dahulu, kemudian setelah dilakukan pembelajaran, siswa diberikan post tes.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil post tes kelas eksperimen 88,92 dan kelas kontrol 83,24, terlihat bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,996 dan ttabel = 2,000. Oleh karena thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada pembelajaran menggunakan media diskusi online terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi Koloid.
Kata Kunci: Media Diskusi Online, Hasil Belajar, Koloid.
Bibliografi : lembar 57-58
SS00009931 | SK 9931 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain