Text
Analisis soft skills siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi asam basa di SMA Negeri 12 Jakarta
ABSTRAK
Suciasti Damariati. 2016. Analisis Soft Skills Siswa dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Materi Asam dan Basa.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skills siswa yang dapat
muncul saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
pada materi asam dan basa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA
1 SMA Negeri 12 Jakarta sebanyak 32 orang. Penelitian dilaksanakan
pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang
digunakan adalah analisis deskriptif. Soft skills yang muncul dianalisis
dengan menggunakan instrumen Constructivist Learning Environment
Survey (CLES). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soft skills siswa
dapat terbentuk setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD pada materi asam basa. Soft skills tersebut adalah personal
learning, communication skills dan critical thingking, planning skills, dan
negotiation skills. Dari hasil analisis, negotiation skills merupakan soft
skills dengan pencapaian tertinggi sebesar 70%. Kemudian diikuti dengan
nilai presentase pencapaian personal learning sebesar 59%,
communication skills dan critical thingking sebesar 48%, dan planning
skills sebesar 45%.
Kata Kunci : soft skills, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, CLES
Bibliografi : lembar 75-76
SS00009932 | SK 9932 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain