Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan transaksional guru dengan motivasi belajar biologi siswa
ABSTRAK
MELIA. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Gaya
Kepemimpinan Transaksional Guru dengan Motivasi Belajar Biologi
Siswa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta,
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara persepsi siswa
tentang gaya kepemimpinan transaksional guru dengan motivasi belajar
biologi siswa. Siswa melakukan persepsi tentang gaya kepemimpinan
transaksional guru selama proses pembelajaran. Persepsi siswa tentang
gaya kepemimpinan transaksional guru dapat menjadi salah satu faktor
yang mempengaruhi motivasi belajar biologi. Persepsi ini dapat terjadi
pada setiap sekolah termasuk di SMAN 31 Jakarta. Penelitian ini
dilakukan di SMAN 31 Jakarta pada bulan Mei 2016. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif melalui studi korelasional dengan
teknik survei. Sampel total pada penelitian ini sebanyak 85 siswa dengan
teknik simple random sampling. Setelah diuji data penelitian berdistribusi
normal dan homogen. Persamaan regresi yang didapat Ŷ = 74,765 +
0,667X. Koefisien korelasi sebesar 0,492. Hal ini berarti sebesar 24,2%
dari variabel motivasi belajar biologi dapat ditentukan oleh variabel
persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan transaksional guru.
Keyword: kepemimpinan transaksional, motivasi belajar, persepsi siswa.
Bibliografi : lembar 48-51
SS00009934 | SK 9934 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain