Text
Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui teknik debat : penelitian tindakan pada kelas XI IPA 1 MA Ma'arif NU 5 Sekampung Lampung Timur
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS
MELALUI TEKNIK DEBAT
(Penelitian Tindakan pada Kelas XI IPA 1 MA Ma‟arif NU 5 Sekampung)
Suranto
Abstrak
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui teknik debat dan mengetahui proses pembelajaran menggunakan teknik debat. Penelitian ini dilakukan di MA Ma‟arif NU 5 Sekampung Lampung Timur dari bulan Maret sampai Mei 2013. Data penelitian diambil dari siswa kelas sebelas dengan jumlah siswa 28 dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dengan menganalisa data secara kualitatif dan kuantitatif dari akhir siklus kesatu sampai akhir siklus kedua ditemukan bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa meningkat 20,9% melebihi standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 65%.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui teknik debat, dan proses pengajaran bahasa Inggris menggunakan teknik debat menunjukkan adanya partisipasi aktif dari siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui teknik debat dalam proses belajar.
Kata kunci : penelitian tindakan, teknik debat, keterampilan berbicara.
Bibliografi : lembar 119-120
TM00004700 | TM 4700 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain