Text
Interaksi komunikasi dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Basic Speaking Skills": penelitian wacana komunikasi pada mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta
INTERAKSI KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA
MATA KULIAH “BASIC SPEAKING SKILLS”
Muhamad Yahrif
ABSTRAc
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi mengenai pola interaksi antara dosen dan mahasiswa, fungsi ujaran dan respon ujaran dalam interaksi di kelas pada mahasiswa semester 1 Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan, antara lain: (1) pola interaksi dosen dan mahasiswa dalam kelas, (2) fungsi ujaran dalam interaksi, (3) respon ujaran dalam interaksi di kelas. Dan berdasarkan hasil penelitian pada pola interaksi ditemukan dominasi dan ketidakkonsistenan dosen dalam interaksi, tapi pada pertengahan proses pembelajaran ditemukan perubahan struktur interaksi oleh dosen dimana mahasiswa diberikan kesempatan yang lebih banyak dalam berbicara, telah terjadi transaksi antar dosen dan mahasiswa, dan respon ujaran dari mahasiswa.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dominasi dan ketidakkonsistenan dosen dalam interaksi dapat menghambat peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa. Tapi dengan adanya perubahan struktur interaksi yang diterapkan oleh dosen ditegah proses pembelajaran maka ini dapat berdampak positif terhadap perkembangan kemampuan berbicara mahasiswa.
Kata kunci: wacana, interaksi dosen-mahasiswa, respond dan fungsi
ujaran.
Bibliografi : lembar 96-99
TM00004749 | TM 4749 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain