Text
Pengaruh penerapan metode pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 35 Jakarta
ABSTRAK
Puji Enggar Rahayu. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 35 Jakarta. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta, 2016. Dosen Pembimbing: Drs. Faried Wadjdi, M.Pd., MM dan Dra. Ermi Media’s, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 35 Jakarta dengan sampel siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri pada semester 3 tahun pelajaran 2015/ 2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan tes kompetensi dan analisis dengan waktu yang singkat sebagai alat pengumpul data, menggunakan kelas eksperimen dengan sampel sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pretest and Posttest Only Control Group Design.
Hasil penghitungan menggunakan uji anova. berdasarkan hasil penghitungan, diperoleh nilai Fhitung sebesar 18,71 dengan dfpembilang = 1 dan dfpenyebut = 16 sedangkan setelah dilakukan penghitungan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,49. Oleh karena dalam uji hipotesis harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (18,71 > 4,49) maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Partisipatif, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 80-81
SS00009961 | SK 9961 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain