Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains : studi eksperimen pada siswa kelas IV SDN 1 Kota Bengkulu
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penerapan metode CPS dan metode Problem Posing serta kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Teknik analsis yang digunakan adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa (1). Kemampuan literasi sains antar kelompok siswa yang diajar menggunakan metode CPS lebih tinggi dari pada kelompok siswayang diajar menggunakan metode problem posing (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains. (3) kemampuan literasi sains antar siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi yang diberikan metode CPS lebih tinggi dari pada siswa dengan kemampuan kritis tinggi yang diberikan perlakuan metode problem posing; (4) kemampuan literasi sains antar siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah yang diberikan metode CPS lebih rendah dari pada siswa dengan kemampuan kritis rendah yang diberikan perlakuan metode problem posing .
Kata kunci: Metode CPS dan metode Problem Posing, kemampuan berpikir kritis, kemampuan literasi sains
Bibliografi : lembar 135-142
TM00001804 | TM 1804 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain