Text
peningkatan kemandirian melalui metode bercerita : penelitian tindakan pada kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota serang Provinsi Banten tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (AR) menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin dan dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari masing-masing 8 kali pertemuan. Dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2016. Subyek penelitian adalah kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang yang berjumlah 12 orang anak, 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yaitu melihat hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Data kualilatif dengan menggunakan teknik menurut Miles and Huberman yang dikumpulkan melalui metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak setelah diberikan intervensi dengan menggunakan metode bercerita. Data pencapaian kemandirian anak pada pra siklus tercatat sebesar 29,58. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 36 dan menjadi 45,83 pada siklus II.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemandirian, Metode Bercerita
Bibliografi : lembar 200-202
TM00001821 | TM 1821 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain