Text
Efektivitas praktik pembelajaran mentoring agama islam dalam membentuk dimensi keberagaman peserta mentoring ICA FIS UNJ
ABSTRAK
Resti Habibah, Efektivitas Praktik Pembelajaran Mentoring Agama Islam Dalam Membentuk Dimensi Keberagamaan Peserta Mentoring ICA FIS UNJ. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai seberapa besar efektivitas praktik pembelajaran mentoring Agama Islam dalam membentuk dimensi keberagamaan peserta mentoring ICA FIS UNJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey untuk mendeskripsikan isi penelitian. Pengukuran efektivitas terhadap 4 metode pembelajaran mentoring yakni ceramah, diskusi, studi kasus, dan penugasan dengan indikator praktik dimensi keberagamaan yang meliputi ritual, eksperensial, ideologi, intelektual, dan konsekuensial. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner, observasi, dan wawancara langsung kepada responden. Responden berjumlah 51 peserta mentoring yang berasal dari seluruh jurusan yang ada di FIS UNJ serta memiliki karakteristik sebagai peserta aktif mentoring ICA FIS UNJ yang telah dan sedang mengikuti mentoring minimal 1 tahun serta dari angkatan aktif tahun 2012 – 2014. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Z One Sample Test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep dimensi keberagamaan dan sosialisasi keagamaan.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa probabilitas < dari 0,05. Maka hipotesis alternatif diterima dengan pernyataan praktik pembelajaran mentoring agama Islam efektif dalam membentuk dimensi keberagamaan peserta mentoring ICA FIS UNJ. Studi kasus mendapat peringkat efektivitas tertinggi dalam membentuk keberagamaan peserta mentoring. Peringkat kedua, ketiga, dan keempat adalah ceramah, penugasan, dan diskusi. Studi kasus dianggap efektif meningkatkan ideologi dan konsekuensial peserta mentoring dengan tingkat efektivitas yang tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian, para mentor dan peserta yang melaksanakan kegiatan mentoring agama islam perlu meningkatkan praktik pembelajaran mentoring sebagai salah satu pendorong yang dapat meningkatkan dimensi keberagamaan para peserta mentoring. Sosialisasi keagamaan dalam praktik pembelajaran mentoring agama Islam memberikan preferensi keislaman dalam membentuk keberagamaan atau religiusitas mahasiswa muslim yang mengikuti kegiatan mentoring.
Kata Kunci: Efektivitas, Praktik, Pembelajaran, Mentoring, Dimensi, Keberagamaan
Bibliografi : lembar 122-125
SS00010060 | SK 10060 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain