Text
Pengaruh pembelajaran berbasis projek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi termokimia
ABSTRAK
MUHAMMAD AKSYA DWI MAHARDIKA. Pengaruh Pembelajaran
Berbasis Projek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI
pada Materi Termokimia
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh pembelajaran berbasis projek
terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di SMA
Diponegoro I pada September – November 2015. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30
siswa dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Hasil perhitungan
rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol adalah 17,2 dan 12,2. Hasil pengujian normalitas data
dengan uji Kolmorogov-Smirnov diperoleh data kedua kelompok
terdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas dengan uji F diperoleh
data kedua kelompok homogen. Uji hipotesis dengan uji-t dengan taraf
signifikan α = 0,05. Dari hasil pengujian diperoleh nilai thitung = 11,2175 dan
ttabel = 1,671, thitung > ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada
pengaruh pembelajaran berbasis projek terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa.
Kata kunci: metode, pembelajaran berbasis projek, berpikir kritis,
konvensional
Bibliografi : lembar 44
SS00010076 | SK 10076 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain