Text
Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 89 Jakarta
ABSTRAK
KENNY ANDIKA. Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran dan
Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 89 Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas X peminatan IIS di SMA Negeri 89 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan
dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X peminatan IIS yang berjumlah 137 orang siswa dengan sampel keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda,dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data
diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kreativitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,054 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656.
Kecerdasan emosional siswa secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,775 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656. Secara simultan ada pengaruh antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,797 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,06.
Terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi ganda 0,478 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya
diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 21,7%.
Kata kunci : kreativitas guru dalam pembelajaran, kecerdasan emosional siswa, dan prestasi belajar siswa
Bibliografi : lembar 98-100
SS00009999 | SK 9999 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain