Text
Meningkatkan daya apresisasi musik terhadap lagu anak melalui media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Sukapura 02 kecamatan Cilincing Jakarta Utara
Upaya Meningkatkan Daya Apresiasi Musik Terhadap Lagu Anak Melalui Media Audiovisual Pada Siswa Kelas IV SDN Sukapura 02 Kecamatan Cilincing Jakarta Utara (2016) Laras Pamuji
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dana menemukan data secara empiris tentang sejauh mana upaya meningkatkan daya apresiasi siswa terhadap lagu anak di kelas IV melalui media audiovisual. Penelitian dilakukan di SDN Sukapura 02 Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pemantauan aktivitas guru dan siswa, instrumen hasil isian angket mengenai apresiasi musik terhadap lagu anak dan rekaman pembelajaran dalam bentuk foto. Berdasarkan data hasil angket yang disebarkan kepada siswa dan aktivitas siswa menunjukkan bahwa hasil apresiasi siswa siklus I yang memperoleh nilai rata-rata skor 3 sebesar 30%, dan siklus II mencapai 100% dari jumlah siswa. Data ini menunjukkan persentase jumlah siswa yang memperoleh rata-rata skor 3 naik 70%. Adapun aktivitas siswa siklus I sebesar 53,17%, dan siklus II sebesar 80%. Aktivitas siswa selama proses belajar mengajar naik sebesar 26,83%, artinya mengalami peningkatan. Berdasarkan data tersebut membuktikan secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan adanya peningkatan apresiasi musik terhadap lagu anak.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pembelajaran musik melalui media audiovisual dapat meningkatkan apresiasi musik siswa terhadap lagu anak.
Kata Kunci: Apresiasi Musik, Media Audiovisual, Lagu Anak.
Bibliografi : lembar 91-93
SS00010090 | SK 10090 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain