Text
Evaluasi program implementasi standar PAUD : studi evaluatif di TK Negeri Pembina Kabupaten Ende tahun ajaran 2012/2013
ABSTRAC
Pendidikan anak usia dini di Indonesia merupakan amanah Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Nasional yang pada pasal 28 ayat (1) menyatakan: pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, ayat (2) pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal, ayat (3) pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Sejak diterbitkannya Undangundang No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Nasional, penyelenggaraan pendidikan anak usia dini mendapat perhatian di masyarakat dengan banyak bermunculan lembaga pendidikan anak usia dini. Kesempatan yang terbuka luas bagi masyarakat, tidak diikuti dengan aturan/standar PAUD. Pada tahun 2009 melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 dikeluarkan suatu peraturan tentang Standar PAUD sebagai acuan minimal bagi masyarakat, individu, maupun lembaga dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak usia dini. Ini berarti sudah tiga tahun standar PAUD menjadi acuan minimal bagi penyelenggaraan PAUD di Indonesia, sehingga evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaannya oleh lembaga PAUD. Evaluasi program mencoba menyediakan informasi terkait pelayanan pada kebutuhan dasar manusia apakah diperlukan dan dipergunakan, atau apakah perlu diidentifikasi kembali (Posavac dan Carey, 1985:5). Evaluasi program adalah metode sistematik untuk mengumpulkan, menganalisa, dan memakai informasi untuk menjawab pertanyaan dasar mengenai program (Wirawan, 2012:17). Pada evaluasi implementasi pengambil keputusan dapat menggunakan informasi iv implementasi untuk meyakinkan bahwa suatu kebijakan jika dipakai dalam pelaksanaan sesuai dengan rencana, atau menguji kemungkinan terjadinya kebijakan (Patton, 2009:37). Model evaluasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah CIPP (Context, Input, Process, Product) oleh Daniel Stufflebeam. Metode Penelitian Penelitian dilaksanakan pada Taman Kanak-kanak Negeri Pembina di kabupaten Ende, sebagai sekolah milik pemerintah yang merupakan TK Percontohan bagi TK lainnya di wilayah tersebut (Petunjuk Teknis Penyelenggaraan TK, 2011: 10). Penelitian menggunakan model CIPP yakni evaluasi terhadap context, input, process, dan product.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi dengan instrumen yang sesuai yaitu panduan wawancara, panduan studi dokumen, panduan observasi, dan kuesioner. Analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan statistika deskriptif dan analisa kualitatif melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Hasil Penelitian Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan standar PAUD di TK Negeri Pembina memberikan gambaran yang belum efektif. Pada bagian konteks (context), evaluasi menemukan TK sudah memiliki beberapa dokumen sebagai landasan dasar operasional penyelenggaraan TK meski tidak begitu lengkap. Namun, dari sisi kebermanfaatan dokumen terlihat dokumen yang dimiliki belum dijadikan rujukan sumber pengetahuan bagi TK ini. Evaluasi masukan (input), diperoleh gambaran proses rekruitemen peserta didik membatasi jumlah penerimaan anak usia 4-5 tahun. Pengelompokkan peserta didik sudah sesuai dengan aturan, yakni kelompok A anak usia 4-5 tahun, dan kelompok B usia 5-6 tahun. Pendidik TK rata-rata berkualifikasi SPGTK, tiap guru memegang satu kelas vdengan rasio
perbandingan murid dan guru 18-23:1. Kepala sekolah memiliki kualifikasi akademik DII PGTK, dan memiliki satu staf administrasi setingkat SMA. Dalam melakukan tugasnya, staf administrasi TK baru sebatas melayani permintaan kepala sekolah/guru lainnya. Sarana belajar anak pada area kurang berfariasi, relatif kotor dan berdebu. Sebaliknya sarana mengajar guru lebih banyak menggunkan kertas yang dibuat sendiri. Prasarana gedung memadai, memiliki ruang yang cukup, dapur, ruang UKS, WC anak dan guru, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan aula. Namun, halaman masih belum dipagari, lokasi dekat makam, dan di bawah dataran yang tinggi. TK Negeri Pembina, memiliki visi, misi dan tujuan sekolah yang dirumuskan bersama-sama antara kepala sekolah, guru dengan komitenya. Pembiayaan TK bersumber dari dana pemerintah pusat, propinsi, kabupaten, dan peserta didik. Tetapi pemanfaatannya lebih banyak untuk biaya pendidikan tidak langsung yang tidak berhubungan dengan anak.Evaluasi proses (process) menunjukkan TK Negeri Pembina tidak memiliki kurikulum yang menjadi acuan maupun yang dimodifikasi sekoilah, program semester dan rencana kegiatan mingguan dibuat bersama melalui wadah IGTKI, hanya rencana kegiatan harian yang disusun guru baik di sekolah ataupun di rumah. Perencanaan pembelajaran sudah memperhatikan seluruh aspek perkembangan anak, namun belum memasukan status kesehatan anak. Pada pelaksanaan kegiatan diketahui proses belajar lebih banyak dilakukan dalam kelas (indoor), kegiatan di luar kelas (outdoor) hanya saat olahraga dan apel pagi. Kegiatan belajar meliputi pembukaan, inti dan penutup, lebih mengarah pada ranah kognisi anak yakni membaca, menulis, dan berhitung (calistung) dengan metode teacher center. Penilaian capaian perkembangan anak lebih menggunakan teknik pengamatan dan unjuk kerja yang dicatat secara general bukan individu dengan memakai simbol.Pada evaluasi hasil (product),menunjukkan laporan hasil belajar anak dibuat berdasarkan aspek perkembangan anak, tetapi belum vimemasukan status kesehatan. Laporan dibuat dalam bentuk narasi, yang terlebih dahulu direkapitulasi dan dianalisa oleh guru memakai format khusus. Studi ini menyimpulkan bahwa implementasi standar PAUD di TK Negeri Pembina berjalan belum efektif. Studi ini merekomendasikan perlunya perbaikan dalam beberapa aspek pelaksanaan standar PAUD baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.
Bibliografi : lembar 217-222
TM00004780 | TM 4780 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain