Text
Upaya meningkatkan kemampuan penalaran IPA dengan menggunakan LKPD pada siswa kelas V : penelitian tindakan kelas SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan)
2016 DWI PUTRI ICHSANINGRUM
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran IPA dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik pada siswa kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasar Manggis, dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 29 siswa pada semester genap tahun 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Analisis data dilakukan terhadap data hasil penelitian dengan melihat keberhasilan terhadap hasil tes kemampuan penalaran IPA mencapai 80% siswa yang termasuk kategori tinggi dengan skor ≥70. Hasil penelitian menunjukkan data pada siklus I diperoleh dari hasil tes kemampuan penalaran IPA siswa mencapai 62,06% dengan 18 siswa dari jumlah siswa sebanyak 29 mendapat nilai ≥70 yang termasuk kategori tinggi dan jumlah skor pemantau tindakan siswa sebesar 66,66% serta skor pemantau tindakan guru dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 73,33% sedangkan pada siklus II hasil tes kemampuan penalaran IPA siswa mencapai 82,75% dengan 24 siswa dari jumlah siswa sebanyak 29 mendapat nilai ≥70 yang termasuk kategori tinggi dan jumlah skor pemantau tindakan siswa 83,33% serta skor pemantau tindakan guru menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan penalaran di kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA apabila guru mengalami kesulitan dimana kemampuan penalaran IPA rendah. Lembar Kerja Peserta Didik ini juga dapat digunakan pada mata pelajar lain yang dibuat langsung oleh guru sesuai dengan syarat pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik yang benar.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Menggunakan Lembar Kerja Peserta
Didik
Bibliogrfai : lembar 175-177
SS00010084 | SK 10084 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain