Text
Penerapan media jobsheet dalam kursus tata kecantikan wajah sehari-hari untuk pagi hari di LKP (lembaga kursus dan pelatihan ) Cahaya Kartika Harapan Indah Bekasi
PENERAPAN MEDIA JOBSHEET DALAM KURSUS TATA RIAS WAJAH SEHARI – HARI UNTUK PAGI HARI DI LKP CAHAYA KARTIKA HARAPAN INDAH BEKASI 2016 Ristami Istiqomah
ABSTRAK
Tujuan khusus dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Jobsheet terhadap teciptanya pembelajaran dinamis dan peningkatan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi tata rias wajah sehari – hari untuk pagi hari di LKP Cahaya Kartika Harapan Indah Bekasi dan peserta didik dapat menguasai materi tata rias wajah sehari – hari untuk pagi hari dalam waktu singkat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta kursus tata rias wajah pada level 1 yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Dalam penelitian ini teknik validitas instrumen menggunakan teknik judgement yaitu penilaian instrumen penelitian yang dilakukan oleh beberapa Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan pengelola LKP Cahaya Kartika. Data dari angket dalam penelitian ini adalah merupakan data kuantitatif yang akan dianalisis secara deskriptif persentase.
Hasil yang diperoleh dari data angket yakni ketertarikan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tata rias wajah sehari – hari untuk pagi hari menggunakan Jobsheet menjadi motivasi mereka dalam mengikuti kursus tata rias wajah menggunakan Jobsheet, materi yang jelas dan menarik sebagai pendukung dalam pemberian bahan pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi peserta, adanya kegiatan tanya jawab antara fasilitator dan peserta dalam pembelajaran menciptakan suasana yang lebih kondusif, dengan adanya Jobsheet membantu peserta mengingat materi yang diberikan merupakan fungsi dari Jobsheet sebagai media pembelajaran, peserta didik menyetujui bahwa kemampuan mereka dalam menguasai materi menjadi lebih meningkat dengan diterapkannya Jobsheet dalam pembelajaran pada kursus tata rias wajah sehari – hari untuk pagi hari di LKP Cahaya Kartika Harapan Indah Bekasi dengan didukung 70% menjawab setuju berdasarkan hasil tersebut peserta didik menyetujui bahwa unsur – unsur pembelajaran dinamis telah di penuhi dalam penerapan Jobsheet dalam pembelajaran pada kursus tata rias wajah sehari – hari untuk pagi hari dan menyetujui bahwa kemampuan mereka meningkat setelah menggunakan Jobsheet.
Kata Kunci : Jobsheet, Tata Rias Wajah
Bibliografi : lembar 94-95
SS00010081 | SK 10081 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain