Text
Pengembangan kemampuan membaca Al-Quran pada anak Attention Deficit Disorder melalui metode Al-Barqy berbasis Applied Behavior Analysis : penelitian tindakan di SDIT Al-Kamil, Depok, tahun 2012
RINGKASAN
Penelitian ini dilaksanakan di SDIT AL-KAMIL dengan menggunakan metode Action Research dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas 1 sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk validasi instrumen penelitian ini menggunakan pendapat pakar. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pada penelitian dan trianggulasi data. Teknis analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif yang akan
dijabarkan dengan tabel dan grafik dan analisis data kualitatif yang akan disajikan dengan cara deskriptif naratif.
Berdasarkan data yang terkumpul dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi diketahui bahwa hasil penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Quran untuk anak ADD dengan menggunakan metode Al-Barqy berbasis ABA meningkat. Kemampuan yang meningkat adalah kemampuan anak untuk membaca huruf hijaiyah, mengenal tanda baris fatah, kasroh, dhommahdan tanwin, membaca kata dan membaca kalimat sederhana. Jika dibandingkan antara kemampuan awal sebelum tindakan dan kemampuan setelah tindakan terjadi peningkatan yang signifikan pada subjek 1 maupun pada subjek 2. Adapun peningkatan kemampuan membaca Al-Quran anak ADD terlihat pada subjek 1 sebanyak 81 poin dan subjek 2 sebanyak 84 poin.
Dengan metode Al-Barqy berbasis ABA antusias anak untuk belajar meningkat. Perilaku anak untuk lebih fokus dalam belajar pun mengalami peningkatan.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka metode Al-Barqy berbasis ABA telah berhasil meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak ADD di SDIT AL-KAMIL, Tapos Depok. Metode ini dapat diterapkan untuk anak ADD dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran.
Bibliografi : lembar 281-286
TM00004785 | TM 4785 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain