Text
Model latihan panahan pada pemula untuk usia Sekolah Dasar
MODEL LATIHAN PANAHAN PADA PEMULA UNTUK USIA SEKOLAH DASAR
DARYANTO
ABSTRAK
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemapuan siswa melalui pengembangan latihan ekstrakurikuler panahan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mandiri Jakarta. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara secara mendalam tentang pengembangan model latihan kegiatan ekstrakurikuler panahan pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pengembangan model. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikul panahan SDIT Insan Mandiri Jakarta yang berjumlah 20 siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, langkah pertama yaitu menentukan sebuah ide-ide yang akan dikembangkan, kedua pembuatan model latihan, ketiga merevisi pruduk I yang dilakukan oleh ahli, keempat produksi prototype dilakukan denggan mempraktikkan model latihan di lapangan, kelima ujicoba prototype pengujian terhadap subyek di lapangan baik dalam uji coba tahap I maupun tahap II lalu direvisi kembali oleh ahli guna menghasilkan produk sempurna, dan terakhir yang ketujuh ialah penyempurnaan produk untuk menuju produk akhir yang diharapkan. Evaluasi tahap I dengan 111 produk dihasilkan total skor responden 782 dengan jumlah total keseluruhan responden 900 sehingga dapat dipresentasikan 86,9% dan berdasarkan analisis evaluasi tahap II dengan menggunakan produk final berjumlah maka dihasilkan total skor responden 782 dan jumlah keseluruhan responden 900, dan presentasinya adalah 86,9% sehingga memenuhi kriteria valid.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Dengan model latihan ekstrakurikuler panahan bagi pemula, siswa mampu meningkatkan latihan, (2) dengan model latihan ekstrakurikuler panahan yang telah peneliti kembangkan, siswa pemula lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti latihan
Kata Kunci : latihan variatif dan menyenangkan
Bibliografi : lembar 187-189
TM00001975 | TM 1975 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain