Text
Hubungan persepsi siswa tentang pembelajaran sejarah dengan cara belajar siswa kelas XI IIs SMA Negeri 39 Jakarta
ABSTRAK
KARTIKA ARTAHANA LbT. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang
Pembelajaran Sejarah dengan Ccara belajar Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 39
Jakarta. Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi
siswa tentang pembelajaran sejarah dengan cara belajar siswa kelas XI IIS di SMA
Negeri 39 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 39 Jakarta, Cijantung,
Jakarta Timur dari bulan April 2016 sampai dengan Juni 2016. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA
Negeri 39 Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IIS di SMA
Negeri 39 Jakarta tahun ajar 2015/2016 dengan jumlah siswa 72 orang. Teknik
pengambilan sampel adalah dengan menggunakan sampel jenuh, artinya seluruh siswa
dalam populasi dijadikan sebagai responden.
Untuk memperoleh data Varieabel X (Persepsi Siswa) diambil melalui butir pernyataan
kuisioner sebanyak 35 dan Variabel Y (Cara Belajar Siswa) diambil melalui butir
pernyataan kuisioner sebanyak 24 dengan rentang skor 1-4. Sebelum instrumen final,
terlebih dahulu digunakan instrumen kuisioner uji coba menggunakan uji validitas
dengan rumus Pearson, dengan hasil 21 valid dan 24 drop untuk Variabel X sedangkan
19 valid dan 10 drop untuk Variabel Y. Dilanjutkan dengan kalibrasi serta uji
reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach.
Hasil teknik analisis data menyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini telah
memenuhi persyaratan analisis (berdistribusi normal dan memiliki bentuk yang linier).
Dari pengujian tersebut, maka diperoleh regresi persamaan Ŷ = 0,563X+1,711.
Koefisien relasi adalah 0,611, artinya presentase sumbangan persepsi siswa dengan
cara belajar adalah sebesar 37,34%, sedangkan sisahnya 62,66% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil perhitunan menyimpulkan bahwa persepsi
siswa tentang pembelajaran sejarah memiliki hubungan positif dengan cara belajar
siswa.
Kata kunci : persepsi siswa, pembelajaran sejarah dan cara belajar siswa.
Bibliografi : lembar 46-47
SS00010101 | SK 10101 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain