Text
Rasionalitas pilihan pendidikan : studi tentang pilihan program kependidikan di perguruan tinggi negeri oleh siswa SMA SULUH Jakarta
ABSTRAK
Bunga Haryani, Rasionalitas Pilihan Pendidikan: Studi Tentang Pilihan Program Kependidikan di Perguruan Tinggi Negeri Oleh Siswa SMA SULUH Jakarta. Skripsi Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dari sisi sosiologis siswa yaitu sosialisasi pengetahuan siswa mengenai pilihan program kependidikan di perguruan tinggi negeri. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat rasionalitas siswa dalam menentukan pilihan pendidikan di perguruan tinggi negeri khususnya bagi mereka yang memilih program kependidikan dengan berbagai program studi spesialisasi tertentu. Penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam mengenai proses sosialisasi dan proses rasionalitas siswa tentang program kependidikan, hingga akhirnya terbentuklah rasionalitas siswa memutuskan memilih program kependidikan sebagai studi lanjutan di perguruan tinggi negeri.
Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil temuan lapangan serta merelevansikan dengan konsep-konsep berkaitan. Subyek dalam penelitian ini adalah sepuluh siswa kelas XII SMA SULUH Jakarta sebagai informan kunci, guru bimbingan konseling dan wali kelas XII sebagai triangulasi data serta orangtua siswa sebagai triangulasi data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dengan pengamatan langsung di lokasi penelitian, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa pengetahuan siswa mengenai program kependidikan sudah cukup mendalam setelah siswa mencari berbagai infromasi melalui media sosial dan website dari masing-masing perguruan tinggi yang dituju. Selain itu sosialisasi dari keluarga masing-masing siswa mengenai program kependidikan berbeda-beda hal ini dikarenakan oleh latar belakang sosial keluarga yang berbeda, perbedaan latar belakang sosial keluarga juga menyebabkan perbedaan pada pemberian dukungan kepada siswa dalam memilih program kependidikan. Pengetahuan siswa mengenai program kependidikan juga didapatkan dari sosialisasi yang dilakukan oleh sekolah dengan mengadakan berbagai acara terkait pilihan program di peguruan tinggi seperti education expo dan campus expo. Rasionalitas siswa memilih program kependidikan secara keseluruhan memiliki tujuan dan orientasi yang berbeda-beda. Pilihan rasional siswa pada program kependidikan erat kaitannya dengan interaksi yang dilakukan dengan keluarga, teman dan guru serta kemampuan dan keinginan yang dimiliki siswa. Untuk mencapai rasionalitas tersebut bukan berarti siswa tidak dihadapkan oleh berbagai hambatan melainkan, hambatan tersebut berasal dari dalam diri siswa dan institusi keluarga.
Kata Kunci : Sosialisasi, Pengetahuan, Pilihan Rasional, Pilihan Pendidikan, Program Kependidikan, Perguruan Tinggi Negeri
Bibliografi : lembar 169-172
SS00010103 | SK 10103 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain