Text
Studi tentang penerapan pendekatan steam (science technology engineering art and mathematics) dalam mengembangkan soft skills siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi
STUDI TENTANG PENERAPAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATICS) DALAM MENGEMBANGKAN
SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI
HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan STEAM dalam mengembangkan soft skills siswa pada materi pelajaran hidrokarbon minyak bumi.
Penelitian dilakukan di SMA N 3 Tangerang Selatan pada rentang waktu bulan September 2015 sampai Mei 2016. Subyek penelitian ini adalah kelas X MIPA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat teknik: observasi, wawancara, reflektif jurnal dan kuesioner.
Integrasi STEAM akan dapat mengembangkan soft skill siswa. Melatih kemampuan siswa berpikir kritis dalam memberikan solusi untuk masalah yang timbul. Dapat menghargai orang lain saat menyampaikan pendapat atau argumentasinya. Kreatif dan inovatif dalam menghasilkan karya-karya yang original untuk mengembangkan kemampuannya. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap diri dan sekitarnya. Menghargai waktu dan kesepakatan yang telah disetujui dengan mendisiplinkan diri secara mandiri. Memiliki semangat tidak mudah menyerah dan terus berusaha sebagai wujud kerja keras. Selalu bersemangat dalam mempelajari suatu hal untuk kemajuan dengan motivasi yang tinggi, dapat bekerja sama dengan siapa saja secara kolaborasi serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan menunjukkan jiwa kepemimpinan yang handal dan terus membuka diri untuk memahami literasi informasi dan media.
Dengan demikian pendekatan STEAM dalam pembelajaran dapat digunakan sebagai pendekatan untuk mengembangkan soft skill siswa.
Kata kunci: pendekatan STEAM, soft skills
Bibliografi : lembar 132-134
TM00001850 | TM 1850 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain