Text
Pengembangan media pembelajaran termoelektrik generator sebagai sumber energi
ABSTRAK
Nur Tri Yono. 3236149191. Pengembangan Media
Pembelajaran Termoelektrik Generator sebagai Sumber Energi.
Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Telah dilakukan penelitian Pengembangan Media Pembelajaran
Termoelektrik Generator sebagai Sumber Energi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berupa alat
praktikum pada materi sumber energi. Metode yang digunakan adalah
research and development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze
– Design – Develop - Implement – Evaluate). Alat praktikum ini telah
melalui uji validasi yang melibatkan ahli materi dan ahli media yang terdiri
dari dosen fisika dan pendidikan fisika dengan persentase pencapaian
94,75% menurut ahli materi, dan 89,02% untuk ahli media. Uji lapangan
media pembelajaran termoelektrik generator dilakukan kepada empat
orang pendidik fisika SMA dan 71 peserta didik SMA dengan persentase
capaian sebesar 92,18% menurut pendidik SMA dan 85,90% menurut
peserta didik SMA. Kefektifan dari media praktikum ini diuji
menggunakan N-Gain didapatkan skor 0,63 dengan interpretasi sedang.
Dengan demikian, alat praktikum termoelektrik generator ini layak
digunakan sebagai media pembelajaran fisika dan kompetensi dasar
materi sumber energi dapat tercapai dengan media praktikum ini.
Kata Kunci : media pembelajaran, termoelektrik generator, ADDIE
Bibliografi : lembar 107-109
TM00001846 | TM 1846 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain