Text
Pengembangan alat peraga gaya lorentz untuk meningkatkan hasil belajar siswa
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GAYA LORENTZ UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Lia Kristina Sianipar
Email: liakristinas@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
yaitu berupa alat peraga gaya Lorentz. Metodologi penelitian yang digunakan
adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg
and Gall yang terdiri dari: Penelitian pendahuluan, Perencanaan
pengembangan model, Validasi, Evaluasi, Revisi dan Implementasi. Media
yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan guru
fisika SMA dengan rata-rata presentase keseluruhan aspek ahli media
sebesar media sebesar 83,30%, ahli materi sebesar 90,27% dan guru fisika
91%. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrument tes.
Hasil validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment,
sedangakan reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Berdasarkan analisis
data yang dilakukan di kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pre-tes
sebesar 55,53 untuk rata-rata post-test 83,88. Hasil validasi ranah kognitif
tersebut menunjukan bahwa alat peraga gaya Lorentz layak digunakan
sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada sub pokok bahasan gaya Lorentz di kelas XII MIA.
Kata Kunci: alat peraga, gaya Lorentz, model Borg and Gall
Bibliografi : lembar 92-93
TM00001841 | TM 1841 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain