Text
Concordancing software and a discipline specific corpus as a tool to minimize students grammatical constraints in academic writing
ABSTRAK
Rizdika Mardiana. 2016. Perangkat Lunak Concordancing dan Corpus Berdisiplin Ilmu Khusus yang Digunakan sebagai Alat untuk Meminimalkan Kendala Gramatikal Siswa dalam Menulis. Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Dibutuhkan lebih banyak usaha dalam menulis sebuah artikel penelitian dalam bahasa Inggris agar dapat diterima oleh editor dan dipublikasikan di jurnal internasional terkemuka terutama bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing maupun bahasa kedua. Beberapa universitas di Indonesia mendorong mahasiswa pascasarjana mereka untuk menulis hasil penelitian mereka dalam bahasa Inggris dan mempublikasikannya dalam jurnal internasional terkemuka termasuk Institut Pertanian Bogor khususnya Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan berurusan dengan tata bahasa dalam menulis. Para siswa membutuhkan referensi yang memberikan banyak kalimat dalam konteks disiplin ilmu khusus untuk meminimalkan kendala gramatikal mereka dalam menulis. Oleh karena itu, perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dianggap sebagai salah satu solusi terbaik bagi siswa untuk mengurangi kesalahan mereka dalam tata bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dapat digunakan untuk secara signifikan meminimalkan kendala gramatikal siswa dalam menulis. Ada sembilan peserta yang merupakan mahasiswa pascasarjana dari Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Institut Pertanian Bogor yang mengikuti pelatihan dan mencoba untuk menggunakan perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dalam proses penulisan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dapat digunakan untuk meminimalkan kendala tata bahasa siswa dalam menulis tetapi tidak signifikan sebagaimana pada penggunaan corpora berdisiplin ilmu khusus milik keseluruhan peserta. Pelatihan dan praktek lebih banyak diperlukan untuk membuat peserta memiliki keterampilan yang baik dalam menulis dalam konteks disiplin ilmu khusus.
Kata Kunci: perangkat lunak concordancing, corpus disiplin khusus, kendala tata bahasa siswa, menulis, jurnal internasional terkemuka
Bibliografi : lembar 59-62
TM00001852 | TM 1852 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain