Text
English communication needs of students in learning mathematics in a bilingual class
ABSTRAK
Neti Lastri. 2016. Kebutuhan Komunikasi Bahasa Inggris Siswa dalam Belajar
Matematika di Kelas Bilingual. Tesis: Jakarta, Program Magister Pendidikan Bahasa
Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebutuhan komunikasi bahasa Inggris siswa dalam
belajar matematika di kelas bilingual untuk kelas XI, SMA Budi Luhur Jakarta. Penelitian ini
dilakukan dari 25 April sampai 8 Mei 2015, metode penelitian adalah deskriptif. Para peserta 19
siswa dan seorang guru matematika. Teknik pengumpulan data adalah survei melalui kuesioner
dan wawancara. Hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa siswa perlu empat
kemampuan bahasa untuk komunikasi bahasa Inggris di kelas bilingual yaitu keterampilan
membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Keterampilan berbicara adalah kebutuhan
siswa yang paling penting dan dikuti oleh keterampilan membaca, menulis dan mendengarkan.
Kebutuhan lain adalah pengetahuan siswa tentang kosakata untuk mendukung kemampuan
komunikasi bahasa Inggris. Berbicara dianggap sebagai kebutuhan penting sebagian besar siswa
karena siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara dan keterampilan
mendengarkan ketika melakukan kegiatan bekerja dalam kelompok kecil selama di kelas,
memberikan presentasi lisan dan meminta klarifikasi dari materi pembelajaran. Siswa
membutuhkan pengetahuan tentang menggunakan tanda baca dan ejaan yang benar dalam hal
komponen keterampilan menulis. Sementara itu, pada komponen keterampilan membaca, siswa
membutuhkan pengetahuan tentang teknik membaca untuk membaca copied dan organisasi
bacaan. Untuk memenuhi kebutuhan siswa, guru bahasa Inggris dapat memfasilitasi pengajaran
di kelas bilingual melalui rancangan program yang tepat berdasarkan kebutuhan siswa.
Kata Kunci: Kebutuhan komunikasi, matematika, kelas bilingual.
Bibliografi : lembar 37-40
TM00001857 | TM 1857 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain