Text
Developing syllabus for public speaking course in Madrasah Aliyah al Zaytun
ABSTRAK
Dewi Utami. 2016. Developing Syllabus for Public Speaking Course in Madrasah
Aliyah Al Zaytun. Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas
Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Supervisors: Dr. Sri Sumarni , M.Pd
and Dr. Zuharty, M.Si
Kebijakan sekolah untuk memasukan pembelajaran berbicara di depan umum ke
dalam kurikulum sekolah dapat menjadikan sebuah pendekatan untuk membantu
siswa dalam mengembangkan bakat potensial mereka, meningkatkan rasa percaya
diri mereka di depan publik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.
Untuk itu, merancang sebuah silabus yang tepat guna adalah hal penting untuk
dapat digunakan sebagai perangkat pengajaran dan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggambarkan proses pengajaran dan
pembelajaran yang terjadi di dalam kegiatan pembelajaran berbicara di depan
khalayak umum di dalam konteks sebuah sekolah islam. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi kebutuhan, sikap dan pengharapan para pembelajar serta
pemegang saham baik orang tua, guru atau pemangku kebijakan sekolah. Studi
kasus diterapkan dengan memfokuskan kepada analisa dokumen yang terkait
untuk mencari tau kesenjangan antara pembelajaran yang diharapkan dengan
perencanaan pembelajaraan yang diterapkan saat ini. Penelitian ini
mengembangkan sebuah silabus melalui sebuah penyelidikan kebutuhan dan
analisa dokumen yang ada pada sekolah saat itu. Kuesioner dan wawancara
dilaksanakan untuk memeriksa kebutuhan siswa serta pemangku kebijakan di
sekolah. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa terdapat kekurangan dalam
metode para guru untuk membimbing siswa atas penguasaan tata bahasa,
kemampuan untuk pengucapan kata, bimbingan pembuatan dan presentasi
berpidato, pelatihan kegiatan mendengarkan serta kemampuan pemahaman
bacaan. Maka keberadaan syllabus yang tepat sangat dibutuhkan oleh para guru
untuk memenuhi harapan siswa. Penelitian ini mengajukan silabus yang
mengadaptasi pada silabus yang dipakai saat ini di sekolah dimana dalam ajuan
ini, silabus menghadirkan penggunaan fungsi bahasa dan tata bahasa untuk
pembelajaran siswa-siswa di kelas pidato atau berbicara di depan umum. Silabus
ini, dapat dikenal dengan silabus struktural fungsional. Penelitian ini telah
menghasilkan pengembangan silabus yang menghadirkan penggunaan bahasa dan
struktur bahasa di beberapa topik tentang tipe-tipe berbicara di depan umum yang
berbeda.
Kata kunci: Silabus, Berbicara di depan umum, Analisa kebutuhan
Bibliografi : lembar ada
TM00001854 | TM 1854 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain