Text
Kreatifitas guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar : studi kasus guru PAI di SMKN 7 Jakarta
ABSTRAK
Hanifatuz Zakiya Kreativitas Guru PAI dalam Menggunakan Bahan Ajar:
Studi Kasus Guru PAI di SMKN 7 Grafika Jakarta Timur. Skripsi: Jurusan
Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 13 Juni
2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru Pendidikan
Agama Islam dalam menggunakan bahan ajar PAI dan bagaimana langkah
mengembangkan bahan ajar yang baik. Objek penelitian ini adalah 3 guru PAI di
SMKN 7 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kreativitas guru PAI di SMKN 7 Jakarta dalam menggunakan bahan ajar belum
optimal dikarenakan indikator kreatif yang belum muncul seluruhnya dalam diri
guru Agama Islam tersebut, yaitu; kreativitas guru PAI pada indikator orisinalitas,
karena bahan ajar yang digunakan masih menggunakan bahan ajar yang tersedia
dan bukan hasil karya sendiri. Namun, pada aspek keluwesan, kelancaran berpikir
dan elaboratif sudah muncul pada diri guru PAI di SMKN 7 Jakarta. Selanjutnya,
faktor utama yang menjadi pendukung untuk guru menggunakan kreativitasnya
pada bahan ajar adalah tumbuhnya keinginan yang ada pada diri sendiri untuk
meningkatkan etos kerja guna memotivasi diri untuk dapat mencerdaskan siswa
dan membangun akhlak siswa, faktor lain yang tidak kalah penting adalah
dukungan saran prasarana serta pelatihan dan pengawasan dari pimpinan sekolah
(Kepala Sekolah).
Kata kunci : Kreativitas, Pengembangan, Bahan ajar
Bibliografi : lembar 62-64
SS00010013 | SK 10013 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain