Text
Pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap hasil belajar sosiologi peserta didik kelas X Negeri SMA Negeri 38 Jakarta
ABSTRAK
Nelva Aini Syifa, “Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 38 Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh implementasi Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar peserta didik. Hal yang menarik pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari kegiatan pembelajaran sosiologi dalam Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar peserta didik, dengan diarahkan pada pembentukan kompetensi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua variabel yaitu variabel X (implementasi Kurikulum 2013) dan variabel Y (hasil belajar peserta didik).
Penelitian ini menggunakan metode survey melalui teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden berjumlah 50 orang. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi kelas X IIS 1, 2 dan 3 SMA N 38 Jakarta yang dipilih menggunakan teknik sampling untuk menentukan sampelnya. Analisis data menggunakan uji persyaratan, uji asumsi, deskripsi univarat dan analisis bivariat.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari implementasi Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar sosiologi peserta didik kelas X SMA Negeri 38 Jakarta. Dengan nilai koefisien sebesar 0.342 dan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.015 yang berarti antara variabel implementasi Kurikulum 2013 terhadap variabel hasil belajar sosiologi peserta didik memiliki korelasi cukup, searah dan signifikan. Berdasarkan penelitian hasil belajar merupakan suatu realitas sosial yang diciptakan peserta didik melalui kekuatan konstruksi sosialnya dalam kegiatan pembelajaran.
.
Kata Kunci : Implementasi Kurikulum 2013, Kompetensi, Hasil Belajar dan Peserta Didik
Bibliografi : lembar 128-130
SS00010020 | SK 10020 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain