Text
Evaluasi Program pelatihan Indonesia digital learning (idl) bagi guru SMA di Kota Serang : penelitian evaluasi program penerapan model kirkpatrick
EVALUASI PROGRAM PELATIHAN INDONESIA DIGITAL LEARNING (IDL)
BAGI GURU SMA DI KOTA SERANG
(Evaluasi Program Model Kirkpatrick)
NENENG FITRIA PARY
7816140565
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian dan efektifitas pelaksanaan Program Pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL) bagi guru SMA di Kota Serang.Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif agar diperoleh data dengan pemahaman dan penafsiran yang relatif mendalam tentang makna dari fenomena yang ada dilapangan.Model evaluasi dalam penelitian yang digunakan ini adalah model Kirkpatrick. terdiri dari 4 level yaitu reaksi (reaction), belajar (learning), perilaku (behavior) dan hasil (result).Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Serang dengan jumlah peserta sebanyak 50 0rang guru mata pelajaran sebagai sampel.Penelitian ini menggunakan instrumen yang berbentuk wawancara, obeservasi dan angket.Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai positif/baik pada masing-masing komponennya.
Kata kunci: Program Pelatihan Guru, Indonesia Digital Learning (IDL), Model Evaluasi Kirkpatrick
TM00001865 | TM 1865 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain